Membumikan ekonomi kerakyatan

 Ekonomi Kerakyatan

apa itu ekonomi kerakyatan
apa itu ekonomi kerakyatan

Indonesia adalah sebuah negara yang besar dan diketahui kekayaan akan sumber daya manusianya. Kekayaan tersebut ditandai dengan berbagai macam bentuk potensi-potensi ekonomi yang jika dimanfaatkan akan sangat berdampak besar terhadap perekonomian bangsa Indonesia. Misalnya dalam sektor pariwisata, beragam macam kuliner di daerah, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Dengan status yang memilki potensi sangat besar tersebut, yang seharusnya mampu dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi suatu bangsa terutama bagaimana berbicara agar mensejahterakan masyarakat. Namun pada kenyataannya, poetensi yang sangat luar biasa ini dalam dinamikanya masih belum optimal dimanfaatkan untuk solusi salah satu pengembangan ekonomi bangsa terutama pada masyarakat.


Dalam konteks yang seperti ini, istilah ekonomi kerakyatan muncul sebagai kritikan bagi sisitem ekonomi saat ini yang cenderung liberal sekaligus solusi untuk permasalahan yang selama ini menjadi gundah-gulana dalam dinamika negara indonesia. Ekonomi kerakyatan disini menfokuskan pada keseimbanagan dalam hal ekonomi tanpa ada istilah komando ekonomi. Artinya pemerintah menguasai eknomi masyarakat dalam kebutuhannya sehari-hari, misalnya air, bahan baku dan lain sebagainya. Kemudian pihak swasta juga tidak terlhat dominan seperti saat ini, artinya pemerintah dan swasta saling  mengisi dalam hal ekonomi tanpa ada istilah komando dalam ekonomi. Dengan demikian masyarakat disini hadir sebagai pihak yang mengawasi sistem ekonomi tersebut.


Baca Juga : Pesona Sumatera Utara


Seperti diketahui bahwa indonesia merupakan negara yang menjadikan masyarakat sebagai pelopor ekonomi, hal ini ditandai dengan adanya TAP MPR Nomor IV/MPR/1999 yang menetapkan bahwa ekonomi kerakyatan adalah sistem ekonomi nasional. Namun pada kenyataannya lagi-lagi hal ini belum optimal diterapkan.


Mewujudkan sietem ekonom kerakyatan seperti ini bukanlah hal yang musthail, karena sistem ekonomi kerakyatan yang dimaksud disini ialah sebagai langkah yang sangat urgent ketika melihat ekonomi masyarakat pada saat ini. dimana kita bisa melihat kondisi ekonomi masyarakat cenderung terjadi kesenjangan yang sangat mencolok, artinya tingkat pendapatan masyarakat tidak merata. Untuk menangkal masalah ini tentunya ekonomi kerakyatan akan mampu mengobati permasalahan yang mendarah daging saat ini, hal ini dikarenakan tujuan dari sistem ekonomi kerakyatan itu sendiri ialah untuk membangun bangsa yang berdikari dalam bidang ekonomi, mendorong pemerataan pendapatan, pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan serta meningkatkan ekonomi nasional.


Sistem ekonomi kerakyatan merupakan sebuah sistem ekonomi yang tentunya kekuatannya pada rakyat, artinya rakyat bisa memenuhi kebutuhannya dalam kehidupan sehari-hari dengan mengelola sendiri, misalnya dalam sektor pertanian, peternakan, kerajinan, dan kebutuhan dasar yang disebut dengan istilah usaha kecil dan menengah (UKM). Usaha kecil dan menengah itu sendiri merupakan program yang dicanangkan pemerintah sebagai salah satu sarana ntuk mewujudakn sistem ekonomi kerakyatan yang dimaksudkan.Usaha kecil dan menengah atau istilahnya UKM ini kemudian dibudidayakan oleh pemerintah dengan cara memberikan suntikan dana bantuan agar masyarakat bisa memanfaatkan dan mengembangkan potensi yang mereka miliki.


Istilah ekonomi kerakyatan yang dimaksudkan sebenarnya sudah dikenal dan diberhasil diterapkan pada negaara-negara eropa, sehingga kita bisa melihat dan merasakan bagaimana ekonomi mereka tumbuh dengan baik.sistem ekonomi seperti inilah yang dimaksud untuk mengatasi sistem ekonomi yang terlanjur liberal di bangsa kita. Dengan menempatkan rakyat sebagai pelopor utama dalam meningkatka perekonomian nasional.


Baru-baru ini kita melihat salah satu partai besar di nasional yaitu PDI-P baru saja melaksanakan rapat koordinasi nasional (rakornas) tentang 3 pilar ekonomi kerakyatan, tiga pilar maksudnya disini ialah PDI-P akan menghadirkan pihak eksekutif, legislatif, serta seluruh struktir di Indonesia. Dalam rakornas ini kemudian juga menghadirkan ratusan pelaku UKM di seluruh daerah di Indonesia. Out put dari acara ini ialah diharapakan pemerintah dalam hal ini kepala daerah dan DPRD bisa melihat potensi masing-masing daerahnya dan kemudian bisa diimpelementasikan dan dikembangkan.


Ini sebagai salah satu contoh dari membumikan ekonomi kerakyatan yang penulis maksudka dalam tulisan ini, dengan demikian ketika sistem ekonomi ini di implementasikan secara masif di masing-masing daerah, maka sistem ekonomi di nasional perlahan-lahan akan bisa terobati, dari sistem ekonomi liberal perlahan berubah haluan menjadi sistem ekonomi kerakyatan, sehingga bisa mengatasi dan meningkatkan pendapatan masyarakat.


Sistem yang baik seperti ini tidak akan mampu berjalan dengan baik, jika tidak ada kerja sama yang bai tentunya.  Dengan demikian kinerja yang kolektif adalah solusi dari pertanyaan bagaiman mengimplemntasikan program yang visioner ini. di lain sisi dalam hal ini masyarakat, dengan adanya program ekonomi kerakyatan salah satunya dalam bentuk bantuan dana untuk UKM diharapkan mampu dimanfaatkan dengan baik tujuannya yaitu agar membudidayakan potensi serta meningkatkan pengahsilan ataupun pendapatan masyarakt itu sendiri.


Baca Juga : kenakalan remaja

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membumikan ekonomi kerakyatan"

Posting Komentar