9 Jenis Bau yang Dibenci Kucing By Nabilla Tashandra




 KOMPAS.com - Kucing memiliki indera penciuman yang sangat sensitif. Oleh karena itu, bau-bauan yang kuat bisa membuatnya merasa tidak nyaman. Mengetahui bau yang dibenci kucing bisa membantu Anda untuk menjauhkan bau-bau tersebut dari area yang biasa disinggahi kucing agar tidak mengiritasi atau berdampak buruk pada kucing. Namun, mengetahui bau yang dibenci kucing juga bisa jadi cara mengusir kucing tanpa perlu menyiksanya. Jika kucing Anda suka buang air besar di halaman atau menggaruk sofa, menaruh bau-bauan yang tidak disukainya di area tersebut juga bisa membantu kucing berpindah dari area itu. 

Beberapa bau yang dibenci kucing, antara lain:

1. Buah-buahan sitrus Menurut Animal Path, buah-buahan sitrus memiliki bau yang sangat kuat dan bisa terasa seperti "serangan" buat hidung kucing yang begitu sensitif. Anda bisa menggunakan kulitnya atau mengolah buah menjadi bentuk jus dan menjadikan semprotan. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. 

Beberapa contoh buah sitrus antara lain lemon, jeruk, jeruk nipis, hingga jeruk Bali. 

Baca juga: Jangan Dibuang, Ini 10 Manfaat Kulit Jeruk

2. Mint Bukan hanya tidak disukai kucing. Mint juga bisa beracun untuk kucing, meskipun mereka harus memakannya dalam jumlah banyak untuk bisa sakit. Jika Anda rutin menggunakannya sehari-hari, pastikan mint tersimpan dengan baik dan jauh dari jangkauan kucing.

3. Pisang Kucing tidak menyukai bau pisang mungkin karena kalium yang terkandung di dalamnya. Kalium memiliki bau mirip obat yang dibuat dengan kalium klorida. 

4. Cabai pedas Kucing juga menghindari makanan pedas atau bau-bau pedas. Indra penciuman kucing menganggapnya seolah-olah beracun, meskipun mereka memakan jenis paprika yang lebih manis sekalipun, seperti paprika. 

Baca juga: Kenapa Makan Makanan Pedas Bikin Hidung Berair? 

5. Beberapa minyak atsiri Ada beberapa minyak atsiri (essential oil) yang tidak disukai kucing, terutama lavender, kayu manis, dan serai. Bau seperti lavender mungkin sangat nyaman buat manusia. Namun, bau itu bisa berbahaya bagi kucing. Dalam bentuk minyak, lavender menjadi beracun dan diketahui dapat menyebabkan kerusakan hati dan kematian. 

6. Kayu putih Menurut Animal Wised, kucing tidak menyukai bau beberapa tanaman karena beracun bagi mereka. Contohnya adalah eucalyptus atau kayu putih. Minyak atsiri kayu putih bisa berbahaya bagi kucing dan kucing mengetahui itu. 

7. Kotak pasir bau Sama seperti manusia yang tidak suka dengan kamar mandi bau, kucing juga tidak suka dengan kotak pasir yang kotor atau bau. Anda akan melihat kucing enggan mendekatinya dalam keadaan apapun. Jika ini terjadi, berhati-hatilah karena kucing mungkin akan buang air di tempat lain. Jadi, jika Anda tidak ingin kucing peliharaan buang air di sembarang tempat, pastikan terus menjaga kebersihan kotak pasirnya. Baca juga: Mengapa Kucing Buang Air di Luar Kotak Pasir? Penyebab dan Solusinya 

8. Pembersih rumah tangga Kucing tidak suka bau bahan kimia yang kuat dari produk-produk pembersih rumah tangga. Selain itu, produk tersebut juga beracun jika tertelan. Jadi, berhati-hatilah dengan produk seperti sabun, penyegar ruangan, hingga produk pembersih yang ada di rumah Anda. 

9. Bau kucing lain Kucing sering kali juga tidak menyukai bau kucing lain yang asing bagi mereka. Ini biasanya lebih berkaitan dengan wilayah dan keamanan pribadi daripada bau dalam arti sebenarnya. Meski demikian, kucing pada dasarnya tidak menyukai bau hewan lain, kecuali sahabat hewan mereka atau manusia yang mereka kenal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Jenis Bau yang Dibenci Kucing By Nabilla Tashandra"

Posting Komentar