Lakukan ini Sebelum Membuang Ponsel Lama Harus ! By Gading Perkasa

 


KOMPAS.com - Setelah membeli ponsel baru, langkah pertama yang dilakukan orang pada  umumnya adalah memindahkan data-data penting di ponsel lama ke ponsel yang baru. Ketika proses pemindahan data sudah selesai, kita seolah mengabaikan ponsel lama itu, bahkan tidak peduli jika ponsel tersebut hilang. Sebagian orang memilih untuk memberikan ponsel lama mereka kepada anak, anggota keluarga lain, atau mungkin menyumbangkan ponsel untuk amal. Namun sebelum ponsel lama itu jatuh ke tangan orang lain, sebaiknya lakukan langkah-langkah ini agar privasi dan data pribadi kita benar-benar terlindungi. 

1. Mencadangkan data Langkah pertama, sisihkan waktu untuk mencadangkan data di ponsel lama. "Jika kita belum mentransfer data ini ke ponsel baru, kita harus mencadangkannya terlebih dahulu," kata Wesley Poritz, pendiri dan pemilik Big Sky Recycling. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email "Cadangkan file lama ke kartu memori atau menyimpan file secara online menggunakan cloud." Mencadangkan file ke cloud bisa dilakukan tergantung dari model ponsel, lanjut Poritz. Misalnya, pengguna Android dapat mencadangkan file melalui Google, sedangkan pengguna Apple memiliki iCloud. Kita bisa mengirimkan foto dan dokumen penting ke alamat email sendiri apabila tidak banyak file penting yang ingin disimpan. 

2. Sign out dari semua akun "Sign out dari akun kita akan memastikan semua informasi pengenal dihapus dan ponsel siap digunakan oleh pihak lain atau didaur ulang," ucap Poritz. Pengusaha teknologi Oliver Baker setuju dengan pendapat Poritz. "Hal terpenting yang harus dilakukan sebelum menyumbangkan ponsel lama kita adalah sign out dari akun mana saja dan menghapus semua kredensial yang tersimpan." "Dengan cara ini, siapa pun yang menerima ponsel kita tidak dapat mengakses akun, kartu, situs belanja online, atau detail apa pun yang mungkin pernah kita gunakan sebelumnya," terang Baker. Simpan daftar kata sandi agar kita bisa dengan mudah memasuki email, situs belanja online, dan akun bank di perangkat yang baru. Baca juga: 8 Tips Tingkatkan Performa Ponsel yang Lemot 

3. Mengubah kata sandi akun Jangan hanya sign out atau keluar dari setiap akun yang ada di ponsel lama, tetapi gantilah kata sandi akun sebelum kita sign out. Demikian saran yang diungkapkan Derek Meister, Agen Pasukan Geek dari Best Buy. "Untuk perlindungan ekstra, ubah kata sandi penting seperit akun Apple atau Google yang mungkin sudah disimpan ke ponsel," tutur Meister. "Factory reset memang menghapus kata sandi yang disimpan bersama data kita, tetapi kami menyarankan klien mengambil tindakan pencegahan ekstra ini." "Pastikan bahwa ponsel kita tidak lagi terhubung dengan layanan apa pun, seperti Find My iPhone via iCloud.com, atau memiliki kaitan dengan otorisasi dua faktor di akun Google." 

4. Memutus koneksi dari perangkat lain Carl Prouty, pakar teknologi di Abt Electronics menyarankan hal ini. "Lepaskan semua koneksi Bluetooth dari headphone atau speaker yang mungkin sudah disambungkan secara nirkabel," saran Prouty. Apabila kita memberikan ponsel lama kepada anak atau keponakan, tentunya kita tidak perlu mengetahui apa yang sedang mereka putar atau dengarkan bukan? 

5. Mencabut kartu SIM dan kartu memori Langkah berikutnya adalah mencabut kartu SIM dan kartu memori dari ponsel. "Tidak hanya informasi pribadi yang disimpan seperti kontak atau foto, tetapi kita bisa menggunakan itu di ponsel baru kita," jelas Prouty. Jika kartu SIM lama tidak diperlukan, sebaiknya potong atau gunting kartu tersebut menjadi dua sebelum dibuang ke tempat sampah. 

6. Factory reset "Factory reset akan menghapus semua yang ada di ponsel, data pribadi dan aplikasi apa pun yang sudah kita instal. Langkah ini juga akan mengatur ulang ponsel kembali ke kondisi default," kata Meister. "Pada ponsel Android, terkadang factory reset tidak menghapus alamat email, teks, dan data lainnya. Jadi, enkripsi data sebelum melakukan penghapusan," ucap gadget enthusiast dan CEO Vegan Liftz Jason Hughes. Kita dapat mengenkripsi ponsel Android dalam beberapa langkah mudah. Pertama, buka menu pengaturan atau settings. Pilih security, dan klik menu "enkripsi ponsel" atau encrypt phone. Setelah proses enkripsi selesai, lanjutkan dengan factory reset ponsel.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lakukan ini Sebelum Membuang Ponsel Lama Harus ! By Gading Perkasa"

Posting Komentar